√ 10 Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Kreatif dan Menarik

4 min read

kerajinan berbasis media campuran

Kerajinan Berbasis Media Campuran – kerajinan tangan ini umumnya menggunakan satu bahan dasar tertentu dalam proses pengerjaannya.

Hal ini di tujukan agar orang menyebut kerajinan tersebut sesuai dengan nama bahan pembuatannya.

Seperti halnya kerajinan dari tanah liat, kerajinan kayu, dan lain sebagainya. Padahal, tidak semua kerajinan menggunakan satu nahan saja.

Namun juga ada beberapa jenis kerajinan yang bahannya berbasis dari media campuran yang terdiri dari berbagai bahan tambahan

Apa Sih Kerajinan Berbasis Media Campuran Itu?

kerajinan bebasis media campuran
selasar.com

Sesuai dengan sebutannya, kerajinan berbasis media campuran ini juga memakai bahan yang beragam jenisnya. Hal tersebut dilakukan demi menambah nilai seni sehingga mendukung terciptanya sebuah karya yang kreatif.

Hampir seluruh bahan dasar dari kerajinan tersebut bisa dicampuri dengan berbagai media lainnya dengan harapan mempu menciptakan karya unik dan menarik.

Berikut merupakan beberapa contoh bahan yang dapat dicampur dengan media lain, yakni seperti plastik, tanah liat, kayu, batu, logam, keramik, dan tanah liat.

Namun juga perlu diperhatikan, dalam proses pembuatan media campuran ini kita harus pandai dalam memilih bahan yang cocok berkaitan dengan campuran tersebut.

Seperti halnya dalam memilih bahan kayu yang mudah dikolaburasikan dengan bahan logam, atau memilih bahan plastic dan kain yang dapat direkatkan dengan lem.

Berbagai Kerajinan Berbasis Media Campuran

kerajinan berbasis media campuran
failfaire.com

Ada berbagai macam jenis kerajinan yang dapat kita bentuk sesuai dengan selera menggunakan bahan media campuran sebagai tambahan dari bahan dasar yang akan kita gunakan.

Bahkan dengan media campur tersebut, karya kerajinan yang awlanya terlihat biasa-biasa saja menjadi terlihat menarik dan unik ,

Berikut ini merupakan jenis kerajinan berbasis media campuran yang dapat kita jadikan ide kerajinan kreatif bagi dekorasi rumah kita, seperti :

1. Kerajinan Kalung

kerajinan berbasis media campuran
batokkelapaku.blogspot.com

Umumnya kalung yang dipakai oleh anak-anak menggunakan pernak pernik unik dengan bahan tambahan tali sebagai pengaitnya. Desain tersebut tentu terlihat biasa dan juga telihat monoton.

Demi menciptakan kalung yang unik dan kreatif, Berikut cara membuat kalung dengan media campuran, maka kita bisa menggunakan bahan campuran berupa batu atau kerang.

Adapun bahan campuran lainnya yang dapat digunakan dalam pembuatan kerajinan berbasis media campuran adalah menggunakan seperti pecahan batok kelapa yang telah dihaluskan kemudian kita bentuk sesuai dengan selera dan kreativitas kita.

Bahan campuran tersebut jauh lebih mudah kita temukan daripada mencari batu unik ataupun kerang dengan motif tertentu.

2. Teknik Pembuatan Terompah

kerajinan berbasis media campuran
bagikanberita.pikiran-rakyat.com

Semua orang tahu bahwa bahan dasar dalam pembuatan terompoah ialah menggunakan bahan kayu sebagai ciri khas kerajinan terompah.

Sehingga hal ini bisa kita padukan dengan bahan karet dan kain sebagai selop penutupnya.

Sementara pada karet penutup juga bisa kita hias kembali dengan campuran bahan manik-manik. Hal ini bertujuan agar penggunaan terompah jauh lebih ringan dan berestetika tinggi ketika digunakan.

Kerajinan berbasis media campuran berupa terompah, merupakan salah satu karya seni terapan yang bisa kita gunakan dalam aktivitas keseharian kita

3. Sepeda Onthel Kayu

kerajinan berbasis media campuran
modifikasi.net

Pembuatan sepeda onthel kayu memang jauh lebih rumit dibandingkan dengan sepeda ontel pada umumnya.

Akan tetapi jika kita telaten dalam proses pembuatannya, maka sepeda onthel kayu ini akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Bahan utama kerajinan ontel ini menggunakan kayu yang telah kita haluskan dan telah melalui proses pengecatan.

Sedangkan bahan campurannya tentu menggunakan bahan karet untuk ban dan spons berlapis kain untuk tempat duduknya.

Dengan begitu, kerajinan ontel tersebut akan jauh terlihat sangat antik.

4. Bentuk Vas Bunga

kerajinan berbasis media campuran
pinterest.com

Selain tanah liat, dalam proses pembuatan vas bunga juga sering menggunakan bahan dasar dari keramik. Yang bertujuan agar tampilan vas bunga tersebut menjadi lebih menarik dan permukaanya terlihat mulus

Sayangnya, untuk desain ini terlihat monoton dan sangat umum dikalangan masyarakat.

Maka dengan memaksimalakan media campuran, membuat vas bunga tersebut akan terlihat jauh lebih menarik dan kreatif.

Caranya ialah dengan mencampurkan bahan keramik dengan rotan di sekelilingnya.

Adapun rotan yang digunakannya ialah sudah berbentuk anyaman dan telah didesain melingkari permukaan vas bunga.

5. Tas Anyaman Kekinian

kerajinan berbasis media campuran
suryajagad.net

Walaupun tas anyaman didominasi dengan bahan rotan atau plastik yang dapat dianyam, akan tetapi tas jenis ini juga termasuk dalam kategori kerajinan berbasis media campuran.

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa bagian dalam tas selalu dilapisi kain agar setiap barang yang dimasukkan kedalam tas tersebut tidak bersentuhan langsung dengan bahan anyaman.

Anyaman yang dibuat bisa berasal dari bahan rotan ataupun bambu. Sementara untuk memperhalus permukaannya bisa dilapisi lagi dengan cat kayu.

Bagian dalam sebuah tas anyaman umumnya terdapat 2 hingga 3 media campuran, seperti bambu, kain, hingga logam sebagai penutupnya.

6. Kerajinan Rumah Keong

kerajinan berbasis media campuran
youtube.com

Kita sering melihat mainan anak-anak di pinggir jalan, ada salah satu contoh kerajinan berbasis media campuran yang sangat mudah untuk ditiru sendiri yaitu rumah keong.

Bahan yang digunakan menggunakan campuran spons dan gabus. Spons bisa dibentuk berwarna-warni menyerupai interior dalam rumah, seperti tangga dan kursi.

Bahan yang digunakan menggunakan campuran spons dan gabus. Spons bisa dibentuk berwarna-warni menyerupai interior dalam rumah, seperti tangga dan kursi.

Adapun sebagai penyangganya menggunakan gabus yang ringan. Jika jenis rumah yang kita buat bertingkat, maka tiang penyangganya bisa menggunakan bahan karet yang sudah cukup kuat untuk menyangga rumah keong tersebut.

7. Kerajinan Gantungan Kunci

kerajinan berbasis media campuran
android-kit.com

Gantungan kunci merupakan salah satu contoh kerajinan yang pembuatannya bisa kita padukan dengan berbagai macam bahan untuk menambah kreasinya.

Bahan dasar yang paling banyak digunakan untuk membuat gantungan kunci ialah kayu yang dipadukan dengan logam pewarna

Ada juga yang memakai bahan dasar kain flanel, kemudian dikaitkan dengan logam gantungan kunci.

Tak hanya itu bahkan manik-manik, flannel, plastik, dan logam dapat dipadukan sekaligus sehingga menghasilkan gantungan kunci yang lebih unik dan variatif.

8. Bingkai Foto Unik

kerajinan berbasis media campuran
dekoruma.com

Bahan dan media campuran yang paling sering digunakan untuk membuat bingkai foto ialah kardus, logam, dan kerang.

Proses pembutannya biasanya memerkukan kardus kemudian dipotong menyesuaikan ukuran, berikutnya dibalurkan lem untuk menempelkan kerang-kerang.

Bingkai kerang ini umumnya diproduksi oleh para pengerajin yang berdomisili di sekitar pantai dengan jumlah kerang yang melimpah.

Sementara itu, untuk membuat bingkai foto yang biasa dijual ditempat percetakan foto mereka menggunkan campuran logam sebagai bingkainya.

Namun logam yang mereka pilih cukup ringan agar memudahkan untuk dibawa dan dipindah-pindahkan

Sedangkan penahannya memakai bahan dari kayu yang keras agar foto yang berada didalamnya tidak mudah jatuh melalui celah dari bingkai foto tersebut.

Bingkai foto ini sangatlah cocok sebagai dekorasi hiasan dinding yang terletak dikamar tidur atau ruang tamu kita.

9. Jepit Rambut dan Bros

kerajinan berbasis media campuran
Liputan6.com

Bentuk jepit rambut dan bros hampir memiliki kesamaan dari bahan pembuatannya yang keduanya menggunakan bahan media campuran.

Untuk membuat jepit rambut, bahan dasar yang perlu kita siapkan adalah pengaitnya yang bisa kita manfaatkan dari bahan karet ataupun logam

Kemudian untuk bagian penghiasnya kita bisa memakai kain flannel yang direkatkan menggunakan lem.

Sementara untuk bros, pengaitnya sangatlah sederhana karena hanya menggunakan bahan pengait peniti yang terbuat dari bahan logam

10. Tirai Hias Kulit Kerang

kerajinan berbasis media campuran
santrijawa.com

Tirai hias merupakan jenis kerajinan berbasis media campuran karena terbuat dari bahan kerang ataupun batu yang dipilih dari jenis yang unik dan menarik.

Tirai jenis ini bisa kita jadikan sebagai penutup pintu kamar ataupun partisi dalam sebuah ruangan.

Bahan campuran yang wajib ada dalam tirai hias ini adalah kerang-kerang unik, batu hias, dan yang terpenting ialag benang yang kuat sebagai pengaitnya.

Berikutnya setelah bahan-bahan dasar tersebut sudah terkumpul selanjutnya bisa langsung disusun rapi dalam benang yang panjangnya menyesuaikan tingggi dari pintu kamar ataupun partisi ruangan kita.

Itulah materi kerajinan berbasis media campuran Selain beberapa list di atas, masih banyak contoh kerajinan berbasis media campuran yang bisa kita buat.

Semakin kreatif dan tinggi daya imajinasi yang kita miliki, tentu akan semakin banyak bahan campuran lainnya yang bisa kita padukan untuk melengkapi kerajinan yang akan kita buat.

Jadi inti dari kerajinan media campuran adalah menggabungkan berbagai jenis bahan-bahan unik yang cocok untuk dipadukan sehingga menjadi sebuah karya kerajinan yang istimewa.

Jika kita bisa membuatnya dengan rapi, maka kerajinan berbasis media campuran tersebut akan mempunyai nilai ekonomis yang sangat menguntungkan. Sekian semoga artikel ini bermanfaat.

√ 10+ Peraturan Sepak Takraw Lengkap Gambar Beserta Penjelasannya

Peraturan Sepak Takraw – Sebenarnya sepak takraw ini sudah diperkenalkan sejak tahun 90an. Namun keberadaannya kurang menarik minat para olahragawan. Permainan ini mengandalkan kepala...
mursyid robbani
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *