√ Pengertian, Manfaat, dan Proses Daur Ulang Lengkap

8 min read

pengertian daur ulang

Pengertian Daur Ulang – barang-barang bekas yang telah tak terpakai jangan langsung dibuang karena barang tersebut bisa kita daur ulang kembali. Kita bisa mengolahnya menjadi barang-barang yang berguna.

Kita bisa memanfaatkan barang – barang bekas di sekitar kita untuk dikelola sehingga membuka lapangan kerja baru dan juga sebagai salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan di sekitar kita. Dengan usaha tersebut kita juga berpeluang untuk menjadi pengusaha.

Bahan – bahan yang bisa kita jadikan sebagai daur ulang antara lain adalah plastik bekas, botol bekas, kertas bekas, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memisahkan antara sampah yang dapat diuraikan dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Sampah yang tidak dapat diuraikan itulah yang nantinya akan kita daur ulang, contohnya plastik.

Berikut ini kami sajikan ulasan lengkap seputar daur ulang. Mulai dari pengertian daur ulang, manfaat daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang bahan bekas, daur ulang limbah, daur ulang sampah, daur ulang plastik, daur ulang kertas, dll.

Pengertian Daur Ulang

Pengertian Daur Ulang
tirto.id

Pengertian daur ulang adalah salah satu cara mengelola barang bekas agar bisa terpakai kembali menjadi barang yang serba bermanfaat atau bisa juga kita olah menjadi barang yang dapat diperjual belikan.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Sampah yang kita buang secara sembarangan dapat berdampak bagi lingkungan sekitar kita kotor dan dapat menyumbat saluran air.

Selain itu, penumpukan sampah juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Hal ini dikarenakan sampah anorganik tidak dapat diuraikan, sebagai contohnya seperti plastik.

Berbeda dengan organik yang dapat diuraikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Contohnya ialah sisa sayuran.

Oleh karena itu, cara alternatif yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan daur ulang barang-barang bekas yang termasuk kelompok barang anorganik, sehingga kita mudah mengelola dengan baik.

Salah satu caranya ialah dengan memisahkan tong sampah yang organik, anorganik, sisa makanan dan plastik.

Dengan adanya pengertian daur ulang ini kita berharap masalah pencemaran lingkungan dapat teratasi dan membuka peluang baru bagi masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

Selain mengatasi masalah lingkungan kita juga turut memajukan bangsa secara ekonomi sehingga mengurangi jumlah pengangguran dinegeri ini.

Sampah juga merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah dilingkungan kita. Mengapa? Hal ini dikarenakan penumpukan sampah dapat membusuk dan jika kita biarkan dapat menimbulkan penyakit.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah melakukan tindakan pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengumpulkan botol atau plastik bekas untuk kita olah kembali atau kita buat sebagai kerajinan.

Dengan demikian dapat mengatasi penumpukan sampah yang dapat mencemari lingkungan disekitar kita.

Barang – barang bekas lainnya yang bisa kita daur ulang atau dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Sapu dari botol minuman
  2. Hiasan lampu dari botol
  3. Tempat lilin dari tutup botol
  4. Meja dari papan skatebord bekas
  5. Membuat rak buku dari piano bekas
  6. Memanfaatkan kartu atm bekas untuk alat petik gitar.

Kita dapat mengolah berbagai macam barang bekas untuk dimanfaatkan kembali menjadi barang yang multi fungsi. Dengan begitu kita telah berkontribusi dalam mencegah pencemaran lingkungan dan membantu gerakan cinta terhadap lingkungan.

Manfaat Daur Ulang Barang Bekas

pengertian daur ulang
mello.id

Banyak sekali manfaat daur ulang yang dapat kita ambil dengan melakukan daur ulang barang – barang bekas. Diantara contohnya sebagai berikut:

1.  Membuka Lapangan Kerja Baru

pengertian daur ulang
kumparan.com

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini kemajuan teknologi sangat pesat. Kini peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun sangatlah sulit. Mengapa? Hal ini terjadi karena semakin banyak nya persaingan antar para pencari kerja. Jumlah pencari kerja lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Kini saatnya kita tampil berani untuk menunjukkan ketrampilan kita sebagai seorang pengusaha. Kita pasti akan bangga jika kita bisa menjadi bos dan bisa membantu mereka para pencari pekerjaan sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran dan kita juga turut membantu mencegah adanya pencemaran lingkungan dengan melakukan daur ulang barang bekas tersebut.

2. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Dengan dibukanya peluang usaha maka dapat memabantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. Hal ini dikarenakan daur ulang barang bekas mempunyai nilai ekonomi dan dapat diperjualbelikan. Dengan begitu secara otomatis kita akan menghasilkan uang dan meningkatkan pendapatan kita

3. Mencegah dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan

pengertian daur ulang
freejpg.com. ar

Daur ulang menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Mengapa? Dengan adanya daur ulang kita bisa memanfaatkan botol plastik, bungkus plastik dari detergen, makanan ringan dan lain sebagainya untuk dibuat kerajinan yang bernilai ekonomis.

4. Mencegah Timbulnya Penyakit

Tumpukan sampah dapat menyebabkan sumber penyakit. Oleh karena itu, kita harus pandai memilah sampah. Alangkah baiknya jika kita sediakan tong sampah yang berbeda untuk memisahkan sampah organik dengan anorganik, agar mempermudah kita untuk mendaur ulang botol bekas, dan barang-barang bekas lainnya.

5. Meningkatkan Ketrampilan Masyarakat

pengertian daur ulang
kumparan.com

Melakukan daur ulang barang-barang bekas dapat mengasah ketrampilan dan jiwa seni kita sehingga barang yang kita buat dapat menarik perhatian konsumen. Selain skil ketrampilan kita dalam mendaur ulang, alangkah baiknya kita juga kreatif dalam memasarkan dan membangun relasi.

6. Berpartisipasi Menjaga Lingkungan

Lingkungan yang bersih dan sehat sangat kita butuhkan karena dengan begitu kita tidak mudah terkena serangan berbagai macam penyakit. Diantara usaha kita untuk merawatnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan antara sampah yang organik dan anorganik, serta melakukan 3R, yaitu reduce, reuse, dan recycle.

7. Membantu Menghemat Energi

Proses produksi untuk barang daur ulang sangatlah mudah karena membutuhkan energy yang lebih sedikit daripada menggunakan bahan mentah. Hal ini sangat berpengaruh khususnya bagi mereka para pengusaha saat memproduksi produk baru. Selain itu, kita juga dapat menghemat biaya pengeluaran.

8. Pengelolaan Membutuhkan Lahan yang Besar

Bahan – bahan yang kita daur ulang dapat kita pergunakan lagi untuk memenuhi kebutuhan kita sehingga kita tidak perlu ruang dan lahan untuk menyimpan barng- barang bekas tersebut.

9. Membantu Mengurangi Polusi Udara

Untuk membuang sampah atau botol plastik pada umumnya kebanyakan orang hanya sekedar dibakar agar lingkungan menjadi bersih. Namun perlu Anda ketahui bahwa pembakaran tersebut dapat menyebabkan polusi udara? Oleh karena itu kita harus bijak dalam memilih penanganannya. Mengapa? Hal ini karena dengan memisahkan sampah organik dan anorganik kita dapat menggunakannya untuk didaur ulang kembali.

Cara Daur Ulang Barang Bekas

pengertian daur ulang
solarkita.com

Sering kali kita jumpai masyarakat masih banyak membuang barang – barang bekasnya disungai. Oleh karena itu kita telah mengetahui pengertian daur ulang, maka kini saatnya kita menggunakan daya kreativitas kita untuk memanfaatkan barang – barang bekas tersebut untuk didaur ulang menjadi sebuah kerajinan botol plastik yang unik contohnya. Dan tentunya masih banyak sekali cara membuat daur ulang dari barang bekas yang dapat kita lakukan.

Salah satu contohnya adalah plastik bekas detergen, sabun, minyak, pewangi kemasan, susu dan lain sebagainya, maka plastik jenis tersebut bisa kita olah menjadi kerajinan berbasis media campuran seperti tas, dompet dengan ukuran yang variatif. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat tempat pensil, taplak meja dan lain – lainnya.

Beragam barang bekas lainnya ialah seperti kardus, botol minuman dan lain – lainnya. Kardus dapat kita olah menjadi sebuah tas dengan dilapisi kertas kado sehingga akan tampak lebih menarik untuk dilihat.

Bahan kardus bekas juga bisa kita manfaatkan untuk tempat buku, mainan pazzel, dan topi. Selain itu, kita juga bisa membuat miniatur rumah, mainan mobil – mobilan, robot, kapal, topeng, perahu dan lain – lainnya.

Adapun botol bekas dapat kita manfaatkan untuk membuat pot bunga, hiasan lampu, tempat pensil, boneka. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan botol bekas untuk membuat boneka, tempat makan burung, miniatur, mobil – mobilan dari kaleng bekas dan lain sebagainya.

Jika kita dapat mengolah berbagai barang bekas dengan baik kita dapat menjualnya dan kita pun akan memperoleh penghasilan tambahan dari barang bekas tersebut..

Tidak hanya itu ternyata sedotan juga bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan tangan seperti mainan, bunga, gantungan pot dan lain sebagainya. Dengan demikian kita dapat membuka peluang kerja untuk orang lain.

Cara Daur Ulang Sampah

pengertian daur ulang
tukangreview.com

Sampah merupakan salah satu hal yang harus kita perhatikan. Mengapa? Hal ini dikarenakan apabila tidak ditangani secara benar dapat menimbulakan berbagai penyakit. Sampah sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Salah satu cara daur ulang sampaj yang baik ialah kita pisahkan antara sampah organic dan anorganik.

Selain itu, kita juga harus menyediakan tong sampah yang berbeda agar kita lebih mudah dalam mengolahnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sampah organic mampu diurai oleh bakteri sehingga sampah organic tersebut dapat kita jadikan sebagai pupuk. Sedangkan sampah anorganik sangat sulit untuk diurai bahkan kebanyakan tidak bisa diurai, sehingga untuk penanganan-Nya membutuhkan cara yang berbeda pula.

Jenis – jenis sampah organic antara lain adalah dedaunan yang sudah kering, kulit buah, ampas tahu, buah busuk, serbuk kayu, sisa makanan dan lain sebagainya. Sedangkan jenis – jenis sampah anorganik antara lain seperti botol plastik, plastik bungkus makanan, sterofoam dan lain sebagainya.

Cara Daur Ulang Plastik

pengertian daur ulang
akurat.co

Di era yang serba modern ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah akibat sampah plastik. Oleh karena itu, kita harus selalu menerapkan prinsip reduce, reuse dan recycle.

Di era yang serba modern ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah akibat sampah plastic. Oleh karena itu, kita harus selalu menerapkan prinsip reduce (mengurangi), reuse (penggunaan kembali) Dan recycle (mendaur ulang).

Plastik tersusun atas senyawa polimer organik, juga bersifat sintesis dan ada juga yang bersifat alami. Plastik mempunyai banyak jenisnya, diantaranya adalah polyester, polyethylene, polivinil klorida dan lain sebagainya.

Kantong plastik banyak digunakan dalam hal jual beli barang. Selain itu, plastik juga dapat digunakan sebagai bahan baku botol minuman, botol detergen, ember dan lain sebagainya. Dengan demikian kita bisa memanfaatkan bahan tersebut untuk membuat kerajinan souvenir, tas dan lain sebagainya.

Plastic termasuk dalam jenis sampah anorganik karena itu plastik tidak dapat terdegradasi dengan cara alami. Oleh karena itu, kini telah ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi sampah tersebut adalah dengan memanfaatkannya untuk didaur ulang menjadi barang kerajinan yang bermanfaat.

Salah satu contohnya adalah dengan membuat kerajinan botol plastik sebagai pot atau barang plastik lainnya untuk kita jadikan sebagai kerajinan tas, kipas dan lain sebagainya.

3 Langkah Daur Ulang Limbah Plastik

Cara daur ulang limbah plastik menjadi kerajinan terdapat 3 langkah, yaitu sebagai berikut:

1. Pemisahan limbah

pengertian daur ulang
tokoplas.com

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memisahkan limbah dengan kotoran, zat kimia, limbah organic dan lain sebagainya.

Plastik kita pisahkan berdasarkan jenis plastik tersebut. Pemisahan ini kita lakukan secara manual agar menghemat pengeluaran biaya. Selain itu, pemisahan secara manual ini sangatlah praktis karena kita hanya membutuhkan peralatan sederhana tidak membutuhkan peralatan yang canggih.

2. Pencucian sampah plastik

Langkah kedua, sampah plastik yang telah kita pisahkan dicuci dengan air hingga bersih agar sisa – sisa bahan kimia yang ada pada plastik terpisahkan

3. Pemotongan plastik

Langkah ketiga adalah kita potong plastik tersebut, agar kita lebih mudah dalam melakukan pemotongan hendaknya kita gunakan mesin pemotong.

Kelebihan daur ulang plastik adalah menghemat pengeluaran dana, tenaga dan juga daya listrik untuk memproduksi produk yang baru, meminimalisir penggunaan bahan baku segar, mencegah polusi air dan udara serta dapat meminimalisir sampah yang masuk ke tempat pembuangan.

Berikut ini merupakan beberapa macam barang kerajinan yang data kita hasilkan dari botol bekas antara lain sebagai berikut :

  1. Tempat mengecash HP
  2. Kita dapat mebentuknya menjadi boneka
  3. Banyak botol – botol bekas yang dapat kita gunakan sebagai kerajinan pot bunga
  4. Sebagai bungkus kado yang unik
  5. Tempat pensil yang unik dan lucu
  6. Tempat lampu hias
  7. Membuat mainan seperti pesawat terbang
  8. Membuat rangkaian bunga dari botol bekas
  9. Sandal unik dari botol bekas
  10. Dompet, tas dan alin sebagainya.

Cara Daur Ulang Kertas

pengertian daur ulang
cnnindonesia.com

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan daur ulang kertas bekas. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Bahan – bahan yang kita butuhkan untuk melakukan daur ulang kertas ialah beberapa koran bekas, air, secukupnya, panic, blender, kasa, handuk bekas, sprei bekas dan spons kerin. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengolah daur ulang kertas :

1. Mengumpulkan kertas lalu membuatnya menjadi bubur

Kini kerajinan kertas daur ulang banyak sekali digunakan oleh sebagian orang. Bahkan sangat menarik dan mudah sekali bagi mereka untuk mengolah daur ulang kertas menjadi berbagai kerajinan yang bernilai tinggi, bahkan kertas bekas itu mereka jadikan kertas baru yang bermanfaat.

Contohnya ialah kertas koran. Hanya membutuhkan empat hingga lima kertas koran dapat mereka olah menjadi kertas daur ulang sebanyak dua lembar kertas kecil yang dipakai oleh para pelajar sekolah.

Setelah terkumpul banyak kertas-kertas bekas tersebut, kini saatnya kita eksekusi kertas tersebut dengan merobek-robek menjadi ukuran lebih kecil kemudian kita rendam dengan air panas. Atau bisa juga kita haluskan dengan cara diblender.

2. Menyaring kertas

Bubur kertas yang telah kita buat disaring menggunakan kawat halus yang telah dianyam. Selanjutnya bubur kertas kita masukan ke dalam panci sebanyak setengah dari volume panci. Lalu kita tambahkan air hingga volume panci setinggi 7 – 10 cm dan kasa kita masukan dalam wadah panci. Kasa tersebut kita keringkan dahulu dengan cara meletakkan kasa pada handuk.

3. Pengepresan Kertas

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kita buang air lebihnya kasa kita angkat dan posisinya jangan lupa untk dibalik. Kemudian kita juga dianjurkan untuk tidak mengeringkan kertas dibawah sinar matahari karena hal tersebut dapat menyebabkan kertas yang telah kita buat menjadi berkerut. Setelah itu, kita lepaskan kertas dari permukaan sprai.

Kertas yang telah kita buat dilakukan pengujian terlebih dahulu. Cara mengujinya cukup mudah tinggal kita tuliskan kata menggunakan bolpoin pada kertas. Pengujian dinyatakan berhasil jika tulisan yang kita tulis pada kertas tersebut bisa terbaca.

Kelebihan dari daur ulang kertas adalah kita dapat meminimalisir penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas sehingga tidak banyak pohon yang harus ditebang. Alhasil dapat memelihara keseimbangan hutan.

Selain menggunakan kertas putih, kita juga dapat menggunakan koran bekas untuk membuat kerajinan. Seperti berikut ini:

  1. Untuk membuat pot bunga
  2. Membuat mainan bola
  3. Tempat sampah
  4. Membuat sepasang sandal
  5. Tempat celengan dan lain sebagainya

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita mengenai pengertian daur ulang. Jangan lupa untuk like dan share, agar bisa mengetahui informasi lainnya dari blog ini.

√ 10+ Peraturan Sepak Takraw Lengkap Gambar Beserta Penjelasannya

Peraturan Sepak Takraw – Sebenarnya sepak takraw ini sudah diperkenalkan sejak tahun 90an. Namun keberadaannya kurang menarik minat para olahragawan. Permainan ini mengandalkan kepala...
mursyid robbani
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *